Anggota DPRD Garut bersama Kabid Limjansos Dinas Sosial Sambangi Korban Kebakaran di Cilawu

0
137
Anggota DPRD Garut Dapil 1, Yudha Puja Turnawan saat memberikan santunan uang tunai, Sabtu (05/03/2022).
Anggota DPRD Garut Dapil 1, Yudha Puja Turnawan saat memberikan santunan uang tunai, Sabtu (05/03/2022).

GARUT, STATUSJABAR.COM – Bersama Dinas Sosial, Ketua DPC PDI Perjuangan dan jajaran pengurus PAC, berkunjung kepada sepasang lansia, Dase (75) dan Idah (60) di Kampung Genteng Desa Pasangrahan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, yang rumahnya hangus terbakar, Jum’at (04/03/2022). Hadir juga dilokasi, unsur Forkopimcam, TKSK, pemerintah desa, ketua RT dan RW setempat.

Kepala Desa Pasanggrahan, Endang, kepada awak media mengatakan, berdasarkan laporan pengurus setempat dan warga sekitar, kebakaran terjadi sekira pukul 16.00 WIB, akibat puntung rokok yang menyala tertiup angin, kemudian membesar dan merambat ke bangunan rumah.

“Kira-kira jam empat sore kemarin. Dengan sigap warga sekitar karena sedang kumpul, sehingga api bisa cepat dipadamkan oleh warga masyarakat,” ujar Endang, Sabtu (05/03/2022).

Atas kunjungan belasungkawa dan pemberian bantuan dari Anggota DPRD Garut yang juga selaku Ketua DPC PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan bersama Dinas Sosial, termasuk juga Forkopimcam Cilawu, atas nama keluarga korban, Endang menyampaikan ucapan terima kasih.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat, bisa meringankan beban korban dan rizqi yang berkah,” tutur Endang.

Hal senada disampaikan Camat Cilawu, Anas Aulia Malik, yang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas respon cepat pihak DPC PDI Perjuangan dan Dinas Sosial. Dalam kejadian tersebut kata Anas, setelah menerima laporan, dirinya langsung koordinasi dengan dinas pemadam kebakaran dan dinas terkait.

“Karena ini lingkungan padat penduduk, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, senantiasa untuk bersama-sama mencegah dan siaga, apabila ada hal-hal yang sekiranya membahayakan kita semua, ini tolong dikonfirmasikan,” kata Anas.

Anas pun berharap, semua warga punya pemahaman bagaimana cara melakukan pencegahan atau mencegah untuk tidak terjadinya musibah kebakaran.

Ditempat yang sama, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Garut, Dadang Bunyamin menuturkan arahannya apabila ada kejadian bencana musibah kebakaran, warga harus mengutamakan keselamatan diri, ini untuk mengurangi resiko akibat musibah kebakaran tersebut.

Kemudian kata Dadang, pemerintah setempat juga diharapkan untuk meningkatkan koordinasi langsung apabila terjadi musibah kebakaran atau bencana lainnya.

“Koordinasi dengan kami, BPDB dan dinas intansi terkait lainnya. Kami pun selalu memberikan edukasi kalau kunjungan di setiap kecamatan dan desa. Mudah-mudahan ini korban diberikan kesehatan, ketabahan dengan musibah yang dialami. Diberi rizqi, biar rumahnya bisa dibangun kembali. InsyaAllah nanti kalau ada pelaksanaan gotong-royong, kita pun akan ikut suport,” papar Kabid Linjamsos.

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan, baik secara pribadi, selaku anggota DPRD dan jajaran DPC PDI Perjuangan, mengungkapkan berbelasungkawa dengan musibah yang terjadi kepada korban pasangan lansia tersebut.

“Hari ini kita bersama Dinsos juga, turut prihatin kepada Abah Dase dan keluarga. Kami juga berikan bantuan paket sembako, uang tunai dan lainnya termasuk dari pengurus PAC. Dan saya lihat juga bantuan ada dari Dinsos Garut,” terang Yudha.

“Harapan saya, kita kan di Disperkim Garut sudah lelang bahan material untuk korban musibah kebakaran. Pemerintah desa dan kecamatan agar koordinasi dengan Disperkim, agar adanya bantuan bahan material untuk pembangunan kembali rumah Abah Dase,” harap Yudha.

Yudha juga berharap pihak kecamatan dan desa, koordinasi juga dengan pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut termasuk bank BJB juga untuk pengajuan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR). (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here