Bupati Garut Buka Pelatihan Program Gentra Karya di Kecamatan Caringin

0
152
Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka kegiatan pelatihan Gentra Karya yang diinisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Selasa (15/3/2022).
Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka kegiatan pelatihan Gentra Karya yang diinisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Selasa (15/3/2022).

GARUT, STATUSJABAR.COM – Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka beberapa kegiatan pelatihan dalam Program Gentra Karya yang diinisiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Selasa (15/3/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Garut menyebutkan, Kecamatan Caringin merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Garut yang memiliki potensi yang sangat baik, terutama dari sumber daya alam yang dimiliki. Dengan potensi yang dimilikinya, diharapkan Kecamatan Caringin dapat dikelola dengan baik, tentunya dengan kerja sama masyarakat dengan pemerintah

“Artinya bahwa kita bisa membuat sinergitas baik dalam pentahelix maupun program parsial pemerintah dibantu TNI Polri kita melakukan langkah demi kebaikan untuk kita semua,” lanjutnya.

Berkaitan dengan pelatihan, Rudy mengungkapkan, dapat menjadi bekal bagi para lulusan Siswa Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang akan memasuki dunia kerja, sehingga dapat meminimalisasi pengangguran.

“Nah saya berharap ke depan kita perbanyak masalah yang berhubungan dengan pelatihan, karena pelatihan ini apalagi mendapatkan sertifikat ini akan menjadi bekal bagi lulusan-lulusan SLTA,” katanya.

Kepala Disnakertrans Garut, Erna Sugiarti, menyampaikan, Gentra Karya ini merupakan sebuah terobosan dari pemerintah, khususnya Disnakertrans untuk mengurangi angka pengangguran. Untuk saat ini, Erna menyebutkan pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini di beberapa desa yang ada di Kecamatan Caringin.

“Gentra karya ini adalah sebuah solusi untuk pencari kerja yang memang saat ini angkatan kerja, setiap angkatan sekolah setiap tahun itu yang didominasi oleh SMA ya atau SMK ini sangat berpengaruh terhadap angka pengangguran di Kabupaten Garut,” kata Erna.

Erna memaparkan, Bupati Garut, Rudy Gunawan sangat merespon positif terkait kegiatan ini, sehingga di tahun 2023 pihaknya akan mendapatkan anggaran untuk penyediaan mobil training unit.

“Jadi alhamdulillah kami pun tahun 2023 akan memberikan anggaran, tadi disampaikan pak bupati untuk mobil training unit yang mendekatkan diri lagi seperti kepada masyarakat kami diberikan anggaran yang cukup besar bagi kami ini adalah amanah yang harus sungguh-sungguh dilaksanakan,” katanya.

Ke depannya, pihaknya akan menyisir ke daerah yang memiliki angka kesenjangan kemiskinan yang tinggi, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah tersebut.

“Jadi mungkin ada kesempatan beberapa kecamatan mungkin saja, mungkin tersebar di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. Hanya kami memprioritaskan yang sangat tinggi angka penganggurannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Caringin, Suhud, berterimakasih atas dilaksanaknnya Program Gentra Karya di wilayahnya. Ia berharap, kegiatan pelatihan seperti ini juga dapat dilaksanakan di desa-desa lainnya, khususnya di Kecamatan Caringin.

“Mudah-mudahan kegiatan ini betul-betul sangat bermanfaat dan masyarakat kami bisa memiliki keahlian, bisa memiliki kapasitas profesi yang Insya Allah untuk untuk wilayah Kecamatan Caringin bisa menjadi bekal untuk kegiatan usaha terutama di bidang ketenagakerjaan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here