Bupati Garut Hadiri Acara Puncak Festival Kuliner Nusantara, Group Harmoni Hotel Juara 1 Kategori Liwet Pangeunahna

0
168
Pelaksanaan Acara Puncak Festival Kuliner Nusantara Garut 2021 yang dilaksanakan di Ballroom Fave Hotel yang berlokasi di Jala Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum'at (27/8/2021).(Foto : DG)
Pelaksanaan Acara Puncak Festival Kuliner Nusantara Garut 2021 yang dilaksanakan di Ballroom Fave Hotel yang berlokasi di Jala Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum'at (27/8/2021).(Foto : DG)

GARUT, STATUSJABAR.COM – Bupati Garut, Rudy Gunawan, menghadiri acara puncak Festival Kuliner Nusantara Garut 2021 yang digagas oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, yang dilaksanakan di Ballroom Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (27/8/2021).

Bupati Garut dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara festival kuliner yang kaya akan rempah-rempah ini mampu menjadikan Garut sebagai tujuan wisata premium.

“Tentu kami pun terima kasih dan semoga kuliner di Kabupaten Garut dengan mengikuti Festival Kuliner Nusantara dengan rempah-rempah, ini bisa menjadikan Garut sebagai tujuan wisata yang premium,” ujar Bupati Garut.

Ia menilai restoran-restoran yang ada di Kabupaten Garut, mampu menyuguhkan menu-menu yang sangat luar biasa. Bahkan, ia juga mengungkan Garut tidak akan kehabisan inovasi kalau soal makanan.

“Saya yakin Garut tidak akan kehabisan inovasi kalau soal makanan, saya berharap ini adalah gerakan kita membuka kembali pariwisata Kabupaten Garut, dan kami sudah mempersilahkan (pariwisata buka) tapi dengan assesment,” ucapnya.

Ditempat yang sama, salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dari Fraksi Partai Golkar, Ferdiansyah, mengungkapkan melalui festival ini ia ingin membangun kuliner Garut yang tidak diragukan oleh para wisatawan

“Jadi Garut kalau alam sudah tidak diragukan, kalau budaya sudah tidak diragukan, makanya tagline Garut “Pesona Garut Maju Berbudaya”, dan kali ini kita akan bangun (branding) kuliner (Garut) yang tidak diragukan (wisatawan),” ungkap Ferdiansyah.

Di sisi lain, Direktur Pemanfaatan Kebudayaan, Kemendikbudristek RI, Restu Gunawan, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengusulkan Jalur Rempah Indonesia menjadi salah satu warisan budaya dunia.

“Jadi salah satu program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi satu diantaranya adalah Jalur Rempah, Jalur Rempah ini nanti akan diusulkan seperti warisan budaya dunia,” kata Restu.

Ia menuturkan pihaknya serius akan mengusulkan Jalur Rempah menjadi salah satu warisan budaya dunia, karena diakui rempah-rempah sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu kala, mulai dari Banda, Ternate bisa sampai di Mesir, bahkan hingga ke Eropa.

Dalam acara Festival Kuliner Nusantara Garut 2021 ini terdapat 12 finalis yang mengolah makanan khas Garut dan bersaing untuk mendapatkan posisi juara.

Berikut para juara dalam festival ini :
• Kategori Liwet
Pang Ngeunah Na : Group Harmoni Hotel
Pang Edas Na : Group Cha-Cha
Pikabitaeun : Group Cikuray Coffe Shop

• Kategori Gulai Domba :
Pang Ngeunah Na : Group Dyan’s Family
Pang Edas Na : Group Aliya’s Family
Pikabitaeun : Group Dream Team 2

Team Harmoni (yang tengah Chef Ikhsan M.Sani dan teamnya). Saat mendapat hadiah uang tunai dan lainmya sebagai Juara 1 Nasi Liwet Panggeunahna.

Sementara Ageng Sutadiredja, General Manager Harmoni Hotel Garut merasa bangga atas pencapaian team Harmoni sebagai Juara 1 Menu Nasi Liwet Panggeunahna pada ajang Festival Kuliner Nusantara Garut 2021 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan PHRI serta ICA Kabupaten Garut.

“Allhamdulilah Dengan raihan prestasi tersebut maka Menu Nasi Liwet Domba menjadi Ikon atau Signature Menu dari Hotel Harmoni dan atas prestasi ini juga membuat kami untuk terus berkreasi mengangkat menu menu makanan khas Garut lainnya untuk kami olah dan menjadi menu andalan di Harmoni Hotel Garut,” Tutupnya (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here