Ciptakan Kader Berkualitas, DPC PDI Perjuangan Garut Gelar Pendidikan dan Pelatihan

0
133
Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI) Perjuangan Kabupaten Garut, gelar Pendidikan Kader Pratama, Pelatihan Penggalangan dan Penguasaan Teritorial, di Hotel Augusta Cipanas, Tarogong Kaler, Senin (07/02/2022).
Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI) Perjuangan Kabupaten Garut, gelar Pendidikan Kader Pratama, Pelatihan Penggalangan dan Penguasaan Teritorial, di Hotel Augusta Cipanas, Tarogong Kaler, Senin (07/02/2022).

GARUT, STATUSJABAR.COM – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI) Perjuangan Kabupaten Garut, gelar Pendidikan Kader Pratama, Pelatihan Penggalangan dan Penguasaan Teritorial, di Hotel Augusta Cipanas, Tarogong Kaler, Senin (07/02/2022).

Kegiatan ini turut di hadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, dr Ribka Tjiptaning, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Barat, I Ketut Sustiawan, Wakil Ketua DPD Bidang Kehormatan Partai, H Memo Hermawan dan jajaran DPD lainnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan dan jajaran DPC, anggota DPRD Garut Fraksi PDIP serta para peserta pelatihan dari Pengurus Anak Cabang (PAC) dan Ranting.

Ketua DPP, dr Ribka Tjiptaning dalam sambutan dan arahannya mengulas sejarah perjuangan partai hingga saat sekarang ini, yang juga sekaligus membuka acara secara resmi, Pendidikan Kader Pratama, Pelatihan Penggalangan dan Penguasaan Teritorial, yang direncanakan dilaksanakan selama tiga hari kedepan.

Usai acara pembukaan, Ketua DPP dr Ribka kepada awak media mengatakan, bahwa pelatihan yang diselenggarakan merupakan agenda partai. Untuk peserta pelatihan sendiri kata Ribka, ini dari pengurus dan kader di DPC, PAC dan juga Ranting.

“Ini untuk membekali kader supaya jangan asal masuk PDI Perjuangan gampang aja. Mereka biar tahu sejarah partainya, PDI Perjuangan kan punya sejarah yang unik,” ujar dr Ribka yang saat ini sedang menjabat di DPR RI.

Ia berharap, para kader PDI Perjuangan, punya loyalitas terhadap partai dan secara berjenjang. Bahkan dirinya juga mengaku, meniti karier politiknya dari mulai Ranting, tidak dengan mudah secara tiba-tiba naik diatas.

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, menuturkan, bahwa kaderisasi adalah kegiatan yang wajib, karena harus menyiapkan kader yang memahami ideologi Pancasila 1 Juni 1945, kemudian kader juga bisa mengejawantahkan ideologi tersebut, mengedepankan kepentingan bangsa, negara dan rakyat diatas kepentingan pribadinya.

“Harus bergerak terus ditengah masyarakat, sesuai tadi yang disampaikan mba Ning selaku Ketua DPP PDI Perjuangan,” kata Yudha.

Yudha juga menjelaskan, kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari dua malam kedepan, termasuk didalamnya ada sesi juga berbicara AD/ART partai, tatakelola partai, kemudian bagaimana tufoksi kader di struktural, PAC dan Ranting, relasi dengan pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan.

“Nanti sesi yang paling lama, selama satu hari, adalah renstra pemenangan 2024. Konteks penggalangan, penguasaan teritorial. Saya kira harus dimulai dari sekarang, konteks berada ditengah masyarakat, harus mengambil inisiatif ketika ada permasalahan, mencari solusi bersama, inilah inti dari kaderisasi ini,” beber Yudha.

Ditambahkan Yudha, untuk sesi teorinya selama tiga hari dua malam. Namun kader tidak akan diberi sertipikat dulu karena nanti ada tugas lapangan selama tiga bulan. Dimana selama tiga bulan ini, kader harus bisa penetrasi ke masyarakat, menggalang masyarakat, kemudian menginventarisir permasalahan apa saja termasuk sarana prasarana lingkungan atau apa pun.

“Dan bagaimana kemudian mereka bisa berkomunikasi. Kebetulan kita tidak mempunyai kepala daerah (dari PDI), hanya memiliki fraksi, di DPRD Garut ada lima orang dan di DPRD provinsi ada Pak Memo, di DPR RI ada kang Doni. Itu kemudian bagaimana bisa ada kebijakan yang berpihak untuk masyarakat. Konteksnya kembali lagi bahwa, hari ini PDI Perjuangan menargetkan Pemilu 2024, kita harus menang di Kabupaten Garut, di Jawa Barat dan di Nasional,” terang Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here