Disdamkar Garut Bentuk Relawan Pemadam Kebakaran dari Potensi Masyarakat

0
96
PLT Kadisdamkar Garut U Basuki Eko membuka kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Redkar di Gedung Desa Indralayang, Kamis (20/06/2024).
PLT Kadisdamkar Garut U Basuki Eko membuka kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Redkar di Gedung Desa Indralayang, Kamis (20/06/2024).

GARUT, STATUSJABAR.COM – PLT Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut U Basuki Eko membuka kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadaman Kebakaran (Redkar) dari 6 Kecamatan di Garut Selatan yang bertempat di Gedung Desa Indralayang, Kecamatan Caringin, Kamis (20/06/2024) pagi.

Plt Kepala Disdamkar Garut U Basuki Eko mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan angkatan ke 2 di tahun 2024 yang diikuti 40 peserta dari 6 Kecamatan Wilayah Bungbulang dan sekitarnya.

“Sehubungan SDM Petugas Damkar yang sangat terbatas, sedangkan cakupan wilayah pelayanan cukup luas dipandang perlu dibentuk Relawan Damkar dari potensi masyarakat,” kata U Basuki Eko dalam keterangan tertulisnya yang diterima status jabar.

Menurut Eko, Saat ini UPTD Damkar wilayah Bungbulang hanya beranggotakan 8 orang yang dibagi 2 Shif dengan pergantian tugas setiap 3 hari, artinya yang bertugas setiap haru hanya dengan kekuatan 4 orang yang harus melayani 6 Kecamatan.

“Ini jelas dengan perhitungan personil demikian sangatlah kurang untuk melaksanakan tugas melindungi masyarakat yang membutuhkan baik dalam hal pemadaman kebakaran dan penyelamatan untuk memenuhi kebutuhan personil pada saat penanganan kebakaran tersebut. Maka kami membentuk dan melatih relawan yang bisa membantu kami pada saat penanggulangan kebakaran atau yang bisa bertindak melakukan penanggulangan awal atau pencegahan sehingga terhindar dari kejadian kebakaran yang lebih besar. Jadi sebelum petugas Damkar sampai lokasi, minimal ada upaya pencegahan kebakaran yang meluas,” ujarnya.

Eko menegaskan, para relawan ini adalah pahlawan yang sebenarnya karena tanpa di gajih dan diberikan honor. Mereka rela berjibaku melawan maut dan resiko untuk membantu sesama untuk menyelamatkan harta benda bahkan nyawa orang lain.

“Mudah-mudahan kedepan semakin banyak lagi relawan terlatih yang bida kami bentuk, tidak mudah kami membentuknya karena harus betul-betul mendapatkan orang-orang yang berjiwa penyelamat dan rela menolong,” tandasnya.

Usai kegiatan tersebut U Basuki Eko selaku PLT Kepala Disdamkar melakukan inspeksi kesiapan personil dan alat utama Damkar Wilayah Garut Selatan, Yaitu UPTD Pameungpeuk, Pos Sektor Singajaya dan Pos Sektor Cikajang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here