Disdukcapil Garut Terima Penghargaan Dari Kemenpan RB Dengan Kategori Baik

0
222

GARUT, STATUSJABAR.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Garut meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dengan kategori Baik. ditetapkan pada tanggal 9 Maret 2021, di Jakarta, di mana penerimaannya sendiri diwakili oleh Bagian Organisasi Setda Kabupaten Garut.

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Garut, Rina Siti Syabariah, seperti halnya Dinas Penanaman Modal dm Perizinan Terpadu (DPMPT), dalam kesempatan Upacara Pengibaran Bendera tanggal 17 Maret 2021, penghargaan tersebut diterimanya dari Bupati Garut, Rudy Gunawan.

“Penghargaan ini diberikan sehubungan dengan terdapat peningkatan nilai pada indikator/aspek penilaian yang menyangkut kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi,” tutur Rina didampingi Sekretaris Disdukcapil, Dadang Herawan Sugiarto, Kamis (18/3/2021), di kantornya, Jalan Patriot, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul.

Penghargaan untuk yang pertama kalinya ini, imbuh Rina menjadi tantangan tersendiri, apalagi pihaknya sentiasa harus menghadapi berbagai persoalan, di antaranya berkaitan dengan pelayanan konsultasi, pengaduan, dan inovasi, yang dalam hasil penilaiannya masih terdapat catatan-catatan, sehingga perlu upaya-upaya terukur dalam peningkatannya.

Ia berharap dengan kategori “Baik” yang dirainya menandakan masih belum optimalnya kualitas pemenuhan aspek-aspek yang dinilai, sehingga ke depannya pihaknya dapat meningkatkan kualitas seluruh aspek layanan, hingga bisa naik ke level yang lebih tinggi.

“Ke depannya kita berharap dapat meningkatkan kualitas seluruh aspek layanan, supaya bisa naik ke katagori “sangat baik”, bahkan mampu menyandang katagori pelayanan prima,” harapnya.

Meski demikian, pihaknya membuka lebar kepada masyarakat untuk memberikan masukan.”Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak henti-hentinya memberikan masukan dan koreksi atas kekurangan-kekurangan yang masih dirasakan dalam pelayanan,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap agar terus memberikan dukungan terhadap perubahan ke arah yang lebih baik yang sedang terus diupayakan, serta secara bersama-sama mengawal konsistensi perubahan dan peningkatan kualitas pelayanan.

Dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan administrasi, Disdukcapil Kabupaten Garut kini telah memiliki inovasi, bertujuan agar masyarakat bisa cepat terlayani.

Ket Poto : Bupati Garut di Dampingi Wakil Bupati Garut Menyerahkan Piagam Penghargaan di Upacara Bendera 17 Maret 2021 Yang di Terima Sekretaris Disdukcapil Garut, Dadang Herawan Sugiarto.

Sekretaris Disdukcapil Garut, Dadang Herawan Sugiarto, mengatakan ada beberapa pelayanan seperti jemput bola untuk masyarakat Kabupaten Garut yang memiliki kerentanan tinggi dalam administrasi kependudukannya.

“Jadi ada pelayanan-pelayanan yang bisa mempercepat warga masyarakat bisa dilayani, ada pelayanan-pelayanan semacam jemput bola ataupun hal-hal yang sifatnya online melalui web pasti oke, nah jemput bola juga dilaksanakan untuk warga masyarakat yang memiliki kerentanan tinggi dalam hal administrasi kependudukannya,” ucap Dadang menambahkan. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here