Hari Ini Pemda Garut Mulai Salurkan Bansos Tunai

0
76
Launching Penyaluran Bantuan
Launching Penyaluran Bantuan "Social Safety Net" Pada Masa PPKM Darurat di Kabupaten Garut (red)

GARUT, STATUSJABAR.COM – Pemerintah Kabupaten Garut mulai menyalurkan bantuan sosial (Bansos) berupa uang tunai yang bersumber dari APBD Garut kepada masyarakat yang terdampak PPKM Darurat.

Penyaluran bantuan dalam program Social Safety Net ini dilakukan di Bank BPR Garut, Kecamatan Garut Kota, mulai Jumat (23/07/2021).

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan, penyaluran Bansos tunai sebesar Rp250 ribu ini diberikan secara kolektif, ini dilakukan untuk mencegah adanya kerumunan saat penyaluran bantuan ini.

“Penyaluran Bansos tunai ini dilakukan Senin dan Jumat. Kita berikan secara kolektif supaya tidak ada kerumunan,” ujarnya.

Rudy menerangkan, bantuan yang diberikan ini sebagai rangkaian tambahan Bansos dari Presiden untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak PPKM Darurat.

Bansos dari Presiden sendiri, kata dia, untuk Kabupaten Garut ada 46.000 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan tunai Rp600 ribu. Sementara untuk bantuan beras ada 230.000 KK, dengan masing-masing KK mendapatkan 10 kilogram.

“Jadi Bansos tunai yang diserahkan hari ini merupakan tambah dari Bansos Presiden,” ujarnya.

Untuk Bansos tunai dari APBD Garut ini, Rudy menerangkan ini akan disalurkan kepada 2.256 KK Pedagang kaki Lima (PKL), 1.076 KK pekerja seni, 1.524 KK sopir angkot, 461 KK tukang becak, 528 KK kusir delman, dan 2.500 pegawai hotel yang gajih nya di bawah UMK.

“Jumlah ini merupakan hasil pengajuan dari asosiasi masing-masing pekerja. Kita pastikan seluruh pekerja dan pedagang ini mendapatkan bantuan,” katanya.

Rudy juga meminta kepada masyarakat yang masuk kategori miskin dari mulai desil 1 sampai desil 4 yang belum menerima program Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) supaya lapor ke RT dan RW.

“Kalau sudah ada laporan, desa dan kelurahan akan memproses. Kami dari tim 5 pilar (Pemda, TNI, Polri, DPRD, Kejaksaan) akan langsung menangani dulu dengan memberikan bantuan uang dan beras 4.5 kg per jiwanya,” paparnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here