Jalani Ramadhan dengan Khidmat, Masyarakat Manfaatkan Bantuan Masjid PLN

0
7
Jalani Ramadhan dengan Khidmat, Masyarakat Manfaatkan Bantuan Masjid PLN
Jalani Ramadhan dengan Khidmat, Masyarakat Manfaatkan Bantuan Masjid PLN

GARUT, STATUSJABAR.COM – Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat Muslim. Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan hubungan spiritual dengan sang pencipta, menghargai nikmat yang diberikan, dan berbagi dengan sesama. Selama bulan yang penuh berkah ini, umat Islam berupaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan memperbanyak ibadah dan amal kebajikan. Tidak terkecuali bagi masyarakat di Kecamatan Rongga, Bandung Barat.

Saat ini, masyarakat Kecamatan Rongga dapat semakin khidmat dalam beribadah karena adanya bantuan Masjid As-Sa’adah dari PLN di Desa Sukaresmi. Bantuan masjid tersebut telah diserahkan pada tahun 2022 sebagai wujud Kerjasama antara PLN dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur karena adanya pembangunan PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS).

Masjid tersebut dibangun dua lantai di atas lahan berukuran 12 x 11 meter dengan daya tampung hingga 300 jama’ah. Lokasinya yang berada di pinggir jalan akses PLTA UCPS juga menambah kenyamanan jama’ah sehingga tidak sulit mencapainya.

Sejumlah kegiatan keagamaan juga rutin dilaksanakan seperti ibadah rutin, pengajian, manaqib, sampai pada peringatan hari besar Islam yang biasanya melibatkan peserta dalam jumlah yang tidak sedikit. Para pemuka agama baik dari sekitar masjid maupun dari luar wilayah secara rutin berpartisipasi memberikan ceramah di masjid ini sehingga masyarakat lebih antusias berkegiatan.

Judin Setiawan selaku Ketua DKM menyatakan bahwa pembangunan Masjid As-Sa’adah sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

“Saya selaku Ketua DKM Masjid As-Sa’adah mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada PLN yang telah merealisasikan masjid ini pada tahun 2022. Alhamdulillah masjid ini sudah terpakai oleh kami untuk digunakan sebagai sarana ibadah. Semoga menjadi kebaikan untuk kita semua,” ungkap Judin.

PLH General Manager PLN UIP JBT, Senior Manager Operasi Konstruksi II, Rifki Santoso menjelaskan bahwa pembangunan masjid tersebut merupakan komitmen PLN sebagai dampak pembangunan PLTA UCPS di wilayah Kecamatan Rongga.

“Kami memiliki komitmen bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur untuk dapat memberikan lebih banyak manfaat serta kemudahan kepada masyarakat melalui bantuan infrastruktur. Sudah cukup banyak yang terwujud seperti sekolah, puskesmas, akses jalan, dan masjid. Namun masih ada juga yang masih dalam proses baik itu perencanaan maupun pembangunannya,” jelas Rifki.

Bangunan baru Masjid As-Sa’adah di Desa Sukaresmi adalah bukti nyata dari perhatian dan kepedulian PLN kepada masyarakat sekitar PLTA Upper Cisokan. Hal ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk peningkatan kualitas kehidupan beragama di desa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here