Mulai Hari Ini, Kick-off Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Garut

0
55
Kick-off Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sekolah Yosudarso, Jln Ahmad Yani, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (29/12/2021).
Kick-off Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sekolah Yosudarso, Jln Ahmad Yani, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (29/12/2021).

GARUT, STATUSJABAR.COMDinas Pendidikan Kabupaten Garut, secara resmi acara Kick Of Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun di gedung Sekolah Yos Sudarso, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Rabu (29/12/2021).

Secara resmi acara dibuka langsung oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan.

Turut hadir dalam acara, Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, H Nurdin Yana MH, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Dandenpom III/2 Letkol CPM (K) Wiyana Warsanah SH, Pengadilan Negri Garut, Kepala Kemenag Garut Cece Hidayat, para Asisten dan kepala SKPD, Ketua P2TP2A Garut, Hj Diah Kurniasari, unsur Forkopimcam Garut Kota dan Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ade Manadin S Pd M Pd, kepada awak media menyampaikan, program vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun ini merupakan program nasional dan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut menindaklanjuti, sinergi dengan Kemenag dan Dinas Kesehatan.

“Jadi 6 sampai 11 tahun ini merupakan program nasional, maka kami Dinas Pendidikan Kabupaten Garut bersinergi dengan Kementerian Agama juga Dinas Kesehatan yang diharapkan menghasilkan yang sangat luar biasa nanti ketika usia 6 sampai 11 tahun ini sudah divaksinasi,” ujar Kadisdik Garut.

Saat ini lanjut Kadisdik Garut, para Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan bersama unsur Forkopimcam masing-masing sedang melakukan rapat pembahasan teknis lapangan pelaksanaan vaksinasi.

“Semua korwil hasil dari zoom, harus serentak hari ini menggelar rapat terkait dengan vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun,” kata Ade.

Lebih lanjut Ade Manadin menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaannya, para tenaga kesehatan (vaksinator) datang ke sekolah-sekolah seperti BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Karena memang dinas pendidikan dan dinas kesehatan sudah biasa melaksanakan BIAS dan tinggal mengikuti kebijakan tersebut.

“InsyaAllah target 77 atau 80 persen di tanggal 30 Januari 2022, mudah-mudahan akan tercapai, sehingga kami dinas pendidikan akan memberlakukan reward and punishment kepada korwil yang bersungguh-sungguh melaksankan akan diberikan rewad dan yang lalai dengan pekerjaannya akan diberi punishment. Jadi ukuran kerjanya begitu, yang sungguh-sungguh dengan hasil maksimal akan diberikan reward setiap hari Senin dalam apel gabungan di lapangan Setda Garut,” papar Ade Manadin.

Pelaksanaan vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun ini, titik kontrol atau evaluasi hasilnya melalui korwil masing-masing dan diharapkan tidak ada sistem dor to dor. Dalam pelaksanaan, imbuh Ade, selain meminta ijin orang tua juga ikut mengawal atau mendampingi anak saat vaksinasi.

“Kalau orang tua tidak mengijinkan tidak akan dipaksakan, tapi mereka akan diberikan kesadaran dan edukasi akan pentingnya vaksinasi untuk kesehatan,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here