PDAM Tirta Intan Garut Salurkan Puluhan Hewan Kurban ke Wilayah Sumber Air

0
36
PDAM Tirta Intan Garut Salurkan 31 Kambing dan 3 Sapi Qurban.
PDAM Tirta Intan Garut Salurkan 31 Kambing dan 3 Sapi Qurban.

GARUT, STATUSJABAR.COM – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H sekaligus sebagai wujud berbagi dan kontribusi kepada masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan kembali menyelenggarakan kegiatan Penyaluran Hewan Qurban ke berbagai sumber air, Jumat, 14 Juni 2024 / 7 Zulhijjah 1445 Hijriah, bertempat di kantor PDAM Tirta Intan, Jalan Gandasari, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dirut PDAM Tirta Intan Garut, Dr. H. Aja Rowikarim, menyampaikan bahwa penyerahan hewan qurban ini sebagai bentuk partisipasi PDAM terhadap masyarakat pelanggan PDAM, terutama di wilayah sumber air. “Karena selama ini, air yang kita gunakan berasal dari wilayah sumber air yang bisa dinikmati oleh masyarakat pelanggan kita. Tentunya, air ini harus betul-betul terawat agar bisa dinikmati oleh para pelanggan. Komunikasi yang baik dengan wilayah sumber air sangat penting untuk menjaga keberlanjutan ini.,” tuturnya saat ditemui usai simbolis penyerahan Hewan Qurban.

Sebagai bentuk silaturahmi dengan wilayah sumber air, kita perlu saling menjaga mata air agar tetap kondusif dan saling mengingatkan. Oleh karena itu, setiap tahun menjelang Idul Adha, kita memberikan hewan qurban kepada masyarakat, paling tidak di wilayah lingkungan sumber itu sendiri.

“Ini adalah bentuk partisipasi kita dari PDAM untuk masyarakat pelanggan dan masyarakat yang berada di wilayah sumber air PDAM,” ungkapnya

Ia menjelaskan bahwa pada Hari Idul Adha kali ini, PDAM menyalurkan sedikitnya 34 ekor hewan qurban, terdiri dari 3 ekor sapi dan 31 ekor domba, yang disalurkan ke semua wilayah sumber air yang ada di Kabupaten Garut.

“Harapannya dengan adanya penyerahan hewan qurban ini adalah untuk pertama, kita lebih membangun komunikasi dan silaturahmi dengan wilayah sumber air agar saling menjaga bersama-sama. Baik dari sumbernya, dari penyelenggaranya, PDAM operatornya, juga dari masyarakat pelanggan. Sebetulnya, ini adalah uang dari pelanggan yang kami sampaikan kepada masyarakat di wilayah sumber sebagai bentuk kepedulian kita terhadap air agar bisa dimanfaatkan bersama-sama dengan tertib dan nyaman, serta dengan harapan besar yang bermaslahat bagi kami dan masyarakat di Kabupaten Garut,” tandasnya

Sementara itu menurut, Dewan Pengawas PDAM Tirta Intan, Dr. (candt) Hendo Hendro Sugiarto, SE, M.MKMT, menyampaikan bahwa sebagai umat Muslim, kita mengetahui bersama bahwa momentum Hari Raya Idul Adha adalah mengambil hikmah dari perjalanan pengorbanan Nabi Ibrahim kepada putranya.

Ini juga bagian dari pengorbanan kita, PDAM, kepada Sang Khalik. Mudah-mudahan, dari proses pengorbanan ini menjadi sebuah simbol bagaimana PDAM bisa lebih baik dan lebih berkontribusi terhadap masyarakat Kabupaten Garut.

“Harapannya adalah apa yang tadi disampaikan oleh Pak Dirut bahwa selain kita mengambil hikmah Idul Qurban, ini juga sebagai bentuk kedekatan PDAM dengan masyarakat sekitar, terutama masyarakat di kawasan mata air. Juga, teman-teman yang lainnya bisa terus terhubung dengan baik, berkolaborasi dengan baik, dan menjaga alam lebih baik lagi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here