Pemkab Garut Lakukan Kaji Tiru Pembangunan Objek Wisata Sayang Heulang ke Pangandaran

0
76
Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, beserta jajaran Disparbud melakukan kaji tiru terkait pengelolaan objek wisata Sayang Heulang ke Pantai Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Selada (8/3/2022).
Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, beserta jajaran Disparbud melakukan kaji tiru terkait pengelolaan objek wisata Sayang Heulang ke Pantai Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Selada (8/3/2022).

GARUT, STATUSJABAR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melakukan kaji tiru terkait pengelolaan objek wisata Sayang Heulang ke Pantai Pangandaran, di Kabupaten Pangandaran, Selasa (8/3/2022).

Kunjungan kaji tiru ini
dipimpin langsung Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Budi Gan Gan Gumilar, beserta jajarannya,

Wabup Garut mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya untuk menjadikan objek wisata Sayangheulang menjadi destinasi idaman para wisatawan, dan destinasi yang dapat menarik perhatian masyarakat seperti Pantai Pangandaran.

“Ya mohon doa dari masyarakat Garut ya, keinginan warga Sayang Heulang sendiri seperti itu, kami sih inginnya lebih bagus lagi lah gitu ya, dari Pangandaran walaupun kita sekarang masih jauh ya dari dibandingkan Pangandaran sekarang,” kata Wabup Garut.

Helmi beralasan kunjungan kaji tiru ini mengambil lokasi objek wisata Pantai Pangandaran, salah satunya yaitu dari segi kebersihan, baik dari kebersihan pantai, taman, maupun jalan.

“Kita ingin (Pantai Sayangheulang) bersih seperti ya kondisi hari ini di Pangandaran, kemudian juga keamanan ya, keamanannya juga kita ingin masyarakat aman lah, di sana tidak ada premanisme dan sebagainya,” lanjutnya.

Premanisme dan pungutan liar yang kerap terjadi di objek wisata Sayangheulang harus segera ditertibkan agar tidak meresahkan masyarakat. Helmi Budiman juga berharap, masyarakat dapat memelihara fasilitas serta taat membayar restribusi tempat wisata.

“Saya mohon dukungan dari seluruh masyarakat yang berkunjung ke sana saya mohon minta dukungannya karena fasilitas yg ada harus dipelihara harus bersih, ini perlu ada bantuan pendanaan, nah itu salah satunya adalah dengan taat, dengan tertib bayar retribusi ke tempat wisata,” kata Helmi.

Wabup Garut memaparkan, pada pembangunan tahap kedua nanti objek wisata Sayangheulang berfokus kepada pembangunan jalan dan beberapa perbaikan serta penyesuaian dari pembangunan tahap pertama.

“Pertama jalan nanti mudah-mudahan di perubahan, di perubahan ada jalan yang ke kiri yang ke kanan ada, kemudian yag kedua adalah taman sebagaimana sayap yang kiri, sayap yang kanan kita bikin desainnya,” tandasnya.

Wajah baru Pantai Sayangheulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut baru di saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Minggu (20/2/2022) lalu.

Pemdaprov Jabar sendiri akan mengupayakan untuk pembangunan jalan rusak akses menuju Pantai Sayangheulang melalui anggaran perubahan dengan dana kurang lebih 2-3 miliar rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here