Sekda Garut Ajak Masyarakat Berperan Aktif Kelola Air Sungai

0
27
Ket Poto : Sekda Garut H Nurdin Yana Bersama Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan (Dok-Red)
Ket Poto : Sekda Garut H Nurdin Yana Bersama Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan (Dok-Red)
- Advertisement -

GARUT, STATUSJABAR.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, mengajak semua elemen masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah sekitar sungai untuk turut aktif memelihara dan mengelola air sungai.

Hal itu diungkapkan Nurdin Yana saat menghadiri kegiatan gotong royong membersihkan Sungai Cimaragas di Kecamatan Garut Kota, yang diprakarsai anggota DPRD Kabupaten Garut, dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Yudha Puja Turnawan, bertepatan dengan Peringati Hari Lingkungan Hidup Se Dunia, Sabtu (5/6/2021)

“Kami mengajak semua pihak agar memanfaatkan sungai menjadi destinasi wisata sebagaimana di Yogyakarta,” kata Nurdin. Pemerintah Kabupaten Garut sendiri tertarik dan akan meniru Yogyakarta yang selain mampu menjadi fungsi utama sungai, juga menjadi destinasi wisata menarik.

Nurdin Yana menegaskan agar semua aliran sungai di Kabupaten Garut dijaga untuk tetap bersih dan tidak tercemar limbah rumah tangga maupun limbah zat berbahaya lainnya. Sehingga masyarakat dapat mengelola potensi alam di aliran sungai seperti yang telah dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah Yogyakarta.

“Jika sungai bersih, air bersih, ada ikannya, maka bisa menjadi tempat wisata,” katanya. Seraya menyebutkan, bahwa untuk merealisasikannya, bupati telah memanggil petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Garut untuk mengubah wajah sungai itu.

Sementara berkaitan dengan kegiatan ini, Sekda Nurdin Yana, mengapresiasi gerakan gotong royong warga yang di prakarsai oleh anggota DPRD Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, dalam upaya pelaksanaan pengerukan sedimentasi aliran DAS Cimaragas, di Kelurahan Kota Kulon ini.

“Karena memang saya pun melihat sedimentasi Sungai Cimaragas Dayeuhandap ini cukup tinggi, sehingga perlu adanya pengerukan. Agar penggelontoran air dari hulu ke perkotaan bisa mengalir dengan normal. Nah kebetulan pak Yudha yang menjadi inisiasi gotong royong warga diwilayah yang saat ini sedang dikerjakan,” ujar Nurdin Yana kepada wartawan.

Kegiatan ini turut pula dihadiri Pimpinan Bank BJB Garut, Sekretaris Dinas PUPR, Camat Garut kota, dan seluruh kepala kelurahan di wilayah kerja Kecamatan Garut kota.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here