Tarogong Kidul Masuk Tahap Dua Penilaian Kinerja Kecamatan Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022

0
206
Penilaian Sinergitas Kecamatan Tarogong Kidul Tahun 2022
Penilaian Sinergitas Kecamatan Tarogong Kidul Tahun 2022

GARUT, STATUSJABAR.COM – Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022 kini masuk babak penilaian Tujuh besar. Kini, tim penilai/juri melakukan tinjau lapang di Kantor Kecamatan Tarogong Kidul.

Seperti Informasi yang diterima bahwa dari 42 Kecamatan, setelah melaui penilaian tahap pertama terpilih Tujuh Kecamatan yang masuk untuk mengikuti penilaian Tahap Dua. Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Kabupaten Garut Tahun 2022.

Dari Tujuh Kecamatan yang Lolos Tahap dua, Kecamatan Tarogong Kidul menjadi salah satu kandidat kecamatan kinerja terbaik di Kabupaten Garut. Untuk itulah, tim juri melakukan tinjau lapang di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (09/02/2022) penilaian tahap dua yang dilakukan tim juri.

Camat Tarogong Kidul Drs Doni Rukmana mengatakan, untuk bisa masuk di Dua besar, dirinya harus melewati tahap penilaian sebelumnya. Tahap pertama, pemaparan dan penyerahan administrasi dengan menyertakan berbagai kelengkapannya. Setelah dinyatakan lolos, maka berlanjut ke tahap dua, yakni pemaparan mengenai berbagai kebijakan dan inovasi yang telah dilakukan yang langsung penilaian tinjau lapangan.

” Alhamdulillah, meski persaingannya cukup ketat, kami berhasil melewati tahap satu Dan saat ini, tim juri hadir untuk melakukan tinjau lapang di wilayah kami. Semoga hasilnya bisa maksimal sehingga Kecamatan Tarogong Kidul berhasil menjadi yang terbaik di Kabupaten Garut,” harapnya.

Dikatakan Doni, membeberkan sejumlah inovasi yang menjadi unggulan di wilayah Tarogong Kidul diantaranya, Pengentasan masalah Persampahan, Peningkatan Ekonomi, Penanganan Kesehatan, Penanganan sosial dan banyak lagi.

Sementara Ketua Tim juri Penilai Sinergitas Kabupaten Garut yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Muksin menyampaikan tujuan diadakannya penilaian Sinergitas ini adalah bentuk pembinaan dari pemerintahan Kabupaten Garut khusus aparatur yang ada di Kecamatan.

“tentunya, kecamatan ini adalah aparatur yang menjadi garda terdepan dan juga status nya sebagai SKPD yang memiliki tugas khusus di kewilayahan dan disamping tugas tugas umum juga ada bagaimana kecamatan ini berperan dalam peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM),” ucap Muksin saat ditemui usai melaksanakan penilaian.

Lebih jauh ia menjelaskan untuk penilaian tentunya ada beberapa aspek yang dilihat, yaitu dari disisi implementasi program kegiatan, SDM nya, inovasi inovasi yang sudah dilaksanakan ditingkat kecamatan ini. Terutama dalam hal peningkatan pelayanan publik.

Menurutnya, saat ditanya tentang inovasi Kecamatan Tarogong Kidul mengungkapkan, Saya kira ini bagus sekali, terutama untuk Kecamatan yang berperan dalam rangka Peningkatan IPM, disisi sektor ekonomi, dan Kesehatan.

” rintisan rintisan ini diharapkan juga dapat destinasi kan kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga sedikit banyak terinspirasi dengan adanya inovasi inovasi yang dilakukan masyarakat,” harapnya.

Dikatakan Muksin, untuk tahapan penilain Sinergitas tahun ini ada perbedaan dengan tahun tahun sebelumnya.

“Kalau sampai saat ini dalam bentuk administrasif, kemudian persentasi sudah 42 Kecamatan. Dan untuk saat ini penilaian ada perbedaan dengan tahun sebelumnya sekarang ini Kecamatan di undang ke sekretariat daerah kemudian menpersentasi kan membawa dokumen dokumen dan kita lakukan evaluasi, dan dari 42 Kecamatan mengurucut menjadi 7 nominasi untuk kecamatan yang selanjutnya dinilai secara on the spot ke Lokasi, ” jelasnya.

Nominasi Penilaian Kinerja Kecamatan Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022 :

  • Tujuh Nominasi Kecamatan:
  1. Kecamatan Garut Kota;
  2. Kecamatan Malangbong;
  3. Kecamatan Pasirwangi;
  4. Kecamatan Samarang;
  5. Kecamatan Selaawi;
  6. Kecamatan Tarogong Kaler;
  7. Kecamatan Tarogong Kidul.
  • Tiga Nominasi TP Kecamatan
    1.TP PKK Kecamatan Cikajang;
  1. TP PKK Kecamatan Cisewu;
  2. TP PKK Kecamatan Tarogong Kidul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here