Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas, Kelurahan Kota Wetan Gunakan Sistem Jemput Bola

0
39
Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Kembali Jemput Bola Vaksinasi Warga Disabilitas, Rabu (16/03/2022).
Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Kembali Jemput Bola Vaksinasi Warga Disabilitas, Rabu (16/03/2022).

GARUT, STATUSJABAR.COM – Untuk mempercepat cakupan vaksinasi di Kelurahan Kota Wetan terutama bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Garut, Tiga Pilar Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, bersama tim medis Puskesmas Guntur makin gencar melakukan jemput bola yang tak kesulitan hadir ke lokasi vaksinasi, Rabu (16/03/2022).

Kepala Puskesmas (Kapus) Guntur, Rohmahalia M Noor, SKM MKM, disela kegiatan jemput bola vaksinasi di Panti Pijat Tunanetra mengatakan, suntik vaksin berlaku untuk semua golongan umur termasuk juga kepada warga disabilitas (berkebutuhan khusus).

“Apalagi yang sekarang disini yang tunanetra, adalah kelompok beresiko. Karena mereka yang datang untuk minta jasa pijit, dikhawatirkan membawa virus. Saat dipijat, kan tidak menunjukan sudah divaksin atau tidaknya. Otomatis, para tunanetra yang menjadi tukang pijit ini memiliki resiko tertular sangat besar, sehingga, semua yang disabilitas ini mendapatkan vaksinasi lengkap, dosis satu, dua dan tiga,” ujar Rohmahalia.

Kapus Guntur ini juga menyebutkan, suntik vaksin untuk disabilitas ini diperlakukan khusus dengan metode jemput bola, didatangi oleh tim medis, bukan mereka (disabilitas) datang ke sentra pelayanan seperti warga biasa pada umumnya.

“Sebelumnya yang disabilitas dengan kondisi lain sudah ada yang disuntik vaksin, dan saat ini kita datang ke kelompok tuna netra disini,” kata Kapus Guntur.

Untuk jumlah sasaran disabilitas sendiri, lanjut Rohmahalia, yang sudah vaksin sebelumnya sudah terdata di puskesmas, namun untuk tuna netra yang saat ini dilaksanakan belum tercover semuanya. Apabila ada sasaran lagi di tempat lainnya, sambung Kapus Rohmahalia, tim medis akan siap melakukan kembali jemput bola ke lokasi.

Sementara, Lurah Kota Wetan, Galih Mawariz, SE SIP, M Si, mengatakan, saat ini di wilayah kerjanya sedang melaksanakan target vaksinasi jemput bola untuk dosis ketiga. Titik lokasi pelayanan, kata Galih, di tiga wilayah yakni, RW 02, 03 dan 21.

“Termasuk barusan juga para penyandang disabilitas dilakukan suntik vaksin, kita berikan pelayanan supaya mereka juga bisa tenang dalam aktivitasnya,” papar Galih.

Untuk jadwal sendiri, imbuh Galih, di Kelurahan Kota Wetan terus continue dari hari Senin sampai Jum’at dan bahkan Sabtu dan Minggu pun dilaksanakan pelayanan. Hal ini kata dia, untuk mempercepat target vaksinasi di Kabupaten Garut.

“Saat ini untuk vaksin tiga, kita di Kota Wetan sudah 60 persen lebih. Tapi kalau dosis satu dan kedua, kita sudah memenuhi target bahkan lebih,” pungkas Lurah Kota Wetan.

Pantauan media, warga di panti pijat tuna netra, usai divaksin menerima bantuan sembako dari Polres Garut. Sementara, karyawan pabrik kulit, usai vaksin mereka menerima minyak goreng kemasan yang sengaja disiapkan pemilik pabrik. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here