Wakil Bupati Garut Bersama Yudha Puja Turnawan Resmikan Jalan Poros di Kelurahan Sukanegla

0
70
Wakil Bupati Garut Bersama Anggota DPRD Garut Dapil 1 Yudha Puja Turnawan meresmikan jalan poros warung nangka di Kelurahan Sukanegla (Ist)
Wakil Bupati Garut Bersama Anggota DPRD Garut Dapil 1 Yudha Puja Turnawan meresmikan jalan poros warung nangka di Kelurahan Sukanegla (Ist)

GARUT, STATUSJABAR.COM – Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman meresmikan jalan di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Jumat (13/8/2021).

Jalan yang diresmikan ini merupakan jalan yang dibangun secara swadaya antara warga bersama Kelurahan Sukanegla dan Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan, Anggota DPRD Garut Fraksi PKS Dede Salahudin, Camat Garut Kota, Teten Sundara, Lurah Sukanegla Prayudi dan beberapa pejabat Dinas teknis terkait.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menjelaskan, dana yang digunakan membangun jalan ini dari APBD Garut yang dikucurkan melalui Kelurahan.

“Ya betul, ini kan APBD itu ada yang oleh dinas teknis ya, PUPR Perkim. Ada juga yang anggaran Kecamatan atau kelurahan,” ujarnya.

Helmi sendiri menyambut baik dengan dibangunnya jalan tersebut karena akses jalan akan menumbuhkan perekonomian warga setempat.

Sementara untuk Kelurahan Sukanegla, Helmi melihat ada potensi lain yang bisa menjadi keunggulan dibanding jalan di perkotaan. Pasalnya Kelurahan Sukanegla lokasinya berada di Kecamatan Garut Kota namun suasana seperti di desa.

Menurut Helmi jika jalan di Kelurahan Sukanegla ini dibangun dengan baik dan dilengkapi justru menjadi keunggulan lebih.

“Kalau ini nyambung jalan kemudian fasilitas fasilitas lainnya terpenuhi, fasilitas kota terpenuhi justru ini ada keunggulannya. Karena kota tapi pemandangannya, kenyamanannya di desa,” ujar Helmi.

Lurah Sukanegla, Prayudi dalam sambutannya menyebutkan bahwa pembangunan jalan ini dibangun secara swadaya antara dana Kelurahan Sukanegla, warga dan Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan yang menyumbangkan material jalan yaitu sirtu.

Prayudi mengucapkan terima kasih atas swadaya tersebut dan Ia juga menitipkan kepada warga setempat agar menjaga dan merawat dengan baik jalan yang sudah dibangun ini.

Sementara Yudha Puja Turnawan, dalam pembangunan jalan ini menyumbangkan 15 truk sirtu. Selain itu Yudha bersama kader DPC PDI Perjuangan juga ikut gotong royong membantu secara tenaga di lapangan saat pembangunan dilaksanakan.

Yudha sendiri menyambut baik ketika ada aspirasi warga yang berharap jalan ini dibangun, karena awalnya jalan tersebut merupakan jalan setapak, becek, berlumpur.

Jalan yang menghubungkan tiga RW di Kelurahan Sukanegla ini memiliki panjang kurang lebih 600 meter. Sebelumnya Kelurahan Sukanegla sudah membangun (pengerasan) sepanjang 350 meter, sementara 250 meter lagi belum dibangun.

Karena itulah Yudha pun menyanggupi gotong royong membangun jalan tersebut sepanjang 250 meter. Sementara warga setempat juga siap menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan. Gayung bersambut, Kelurahan Sukanegla pun menyalurkan anggaran Kelurahan sehingga terlaksanalah pembangunan tersebut. (RG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here