Yudha, Anggota DPRD Garut Sambangi Warga Dayeuhandap yang Sedang Kerja Bakti

0
33
Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan sambangi warga Dayeuhandap Kelurahan kota Kulon Garut Kota (Dok-red)
Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan sambangi warga Dayeuhandap Kelurahan kota Kulon Garut Kota (Dok-red)
- Advertisement -

GARUT, STATUSJABAR.COM – Warga di lingkungan RW 04 RT 01 bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di Sub-DAS Sungai Cimaragas sebagai salah satu upaya antisipasi bencana musim hujan.

Lokasi yang menjadi objek dilaksanakannya pembersihan sampah dari badan sungai itu, berada tepat di Bawah badan jalan Papandayan, Kelurahan kota kulon kecamatan Garut kota. Senin (02 Agustus 2021) Pagi.

Berdasarkan pantauan wartawan dilapangan, warga mengangkut sampah dari dasar sungai ke atas badan jalan itu menggunakan alat seadanya (manual).

Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Yudha Puja Turnawan di dampingi Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Basri saat menyambangi warga Dayeuhandap

Mendengar kondisi warga yang sangat peduli terhadap lingkungan, Anggota DPRD kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan yang juga menjabat sebagai ketua DPC PDI-Perjuangan langsung menemui warga yang sedang bergotong royong membersihkan sungai tersebut.

“Tentunya saya sangat mengapresiasi peran warga masyarakat di RW 4 yang mau turun untuk membersihkan sampah yang memang Sub-DAS Cimaragas tersumbat dan volume sampahnya luar biasa sangat banyak tentu hal ini harus di apresiasi,” ujar Yudha.

Kaya dia, yang paling penting adalah kesadaran masyarakat pada umumnya untuk tidak membuang Sampah ke sungai yang tentunya ini akan menjadi sumber permasalahan dari konteks bencana banjir atau penyakit lainnya.

“Nah ini harus disadari oleh masyarakat bahwa kita itu negara terbesar kedua yang menyumbangkan sampah limbah plastik ke laut. Tentunya generasi mendatang akan terancam masa depannya karena ketika ekosistem laut misalnya bagian dari seperti ikan mengkonsumsi atau memakan limbah sampah dari plastik bagaimana anak cucu kita ketika memakan atau mengkomsi ikan dari laut akan membuat kesehatan mereka terancam juga,” Tuturnya.

Sementara Sani (40) Kordinator pelaksana kegiatan gotong royong warga tersebut mengungkapkan, Rasa terimakasihnya atas kepedulian Anggota DPRD dari fraksi PDI-Perjuangan tersebut.

“Selama ini belum pernah ada anggota DPRD yang peduli dan turun langsung ke warga seperti pa Yudha, jadi tentunya saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada pa Yudha, semoga PDI-Perjuangan semakin sukses,” ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan kerja bakti membersihkan sampah tidak hanya ditujukan untuk memperlancar aliran sungai, tetapi juga ditujukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah ke sungai khususnya diwilayah sungai Cimaragas ini.

“Kami secara rutin membersihkan tumpukan sampah atau limbah yang ada di sungai cimaragas khusnya diwilayah RW 04 ini,” tandasnya (*)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here